+62 24 7473417 d4.ms@polines.ac.id

fASILITAS

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN TEKNIK MESIN PRODUKSI DAN PERAWATAN

JURUSAN TEKNIK MESIN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

RUANG KELAS

Ruang kelas yang digunakan untuk proses belajar mengajar di Prodi Sarter TMPP berada di Gedung sekolah A (SA), Gedung Administrasi Lama (ADL), Ruang Kelas di Bengkel. Kapasitas untuk setiap kelas dirancang untuk 24 mahasiswa

LABORATORIUM

Laboratorium CNC (Computer Numerical Control)

Laboratorium CNC merupakan sarana praktikum mahasiswa dalam bidang teknik pemesinan dan produksi yang dilengkapi dengan teknologi komputer beserta softwarenya. Penggunaan mesin CNC tidak hanya pada produksi, tetapi juga pada bengkel-bengkel kecil, mesin-mesin konvensional akan diganti dengan mesin-mesin CNC. Pembelajaran CNC dilakukan dalam bentuk praktek yang didahului dengan teori yang mendukungnya. Pengetahuan dasar CNC adalah penting bagi setiap orang (mahasiswa), untuk selanjutnya menginjak ke pengetahuan tentang CNC tingkat lanjut yang akan melatih mahasiswa Politeknik khususnya jurusan teknik mesin produksi untuk menjadi trampil mengoperasikan mesin CNC.

Laboratorium Pemesinan

Laboratorium pemesinan merupakan tempat pembelajaran/ praktek/ pelatihan keterampilan mahasiswa berupa pembuatan dari bahan setengah jadi menjadi bahan terbentuk (jadi). Laboratorium pemesinan dilengkapi beberapa mesin diantaranya : Mesin bubut datar, mesin frais (milling), mesin gerinda silinder, mesin gerinda permukaan, mesin hobing, mesin boring ordinat, mesin bor universal, mesin gerinda pengasah alat potong (tool grinding), mesin grafir, mesin EDM dan mesin gerinda pedestal.

Laboratorium Uji Bahan

Pada laboratorium pengujian bahan, meliputi pengujian tarik, lentur dan bengkok. Pengukuran nilai kekerasan dan perlakuan panas serta analisa gambar struktur mikro logam.

 

 

 

 

 

Laboratorium Perancangan

Laboratorium perancangan sebagai wahana pembelajaran praktikum mahasiswa dalam bidang perancangan yang dilengkapi dengan komputer beserta sofware AutoCAD, Solidwork, CATIA, PTC Creo, Inventor, Abaqus, dan Master CAM. Pembelajaran dilakukan dalam bentuk perkuliahan yang terjadwal dan dalam bentuk bimbingan pembuatan tugas akhir atau bimbingan kepada mahasiswa yang berkreasi inovasi yang berkaitan dengan rancang bangun

Laboratorium Perawatan dan Perbaikan

Laboratorium Perawatan dan Perbaikan merupakan sarana untuk mempersiapkan/mengenalkan dasar perawatan dan perbaikan pada mesin mesin industri, uji kinerja mesin, otomotive maupun alat-alat berat bagi mahasiswa. Pemanfaatan sarana dan fasilitas laboratorium Perawatan dan Perbaikan ini bertujuan untuk memberikan skill yang memadai dalam bidang perawatan dan perbaikan mesin mesin industri, sehingga mahasiswa mampu merawat, mengenal, menganalisis, dan memperbaiki kerusakan kerusakan yang terjadi pada mesin mesin industri ataupun alat berat. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa diharapkan mahasiswa mampu mempersiapkan diri untuk bisa mengisi lapangan kerja sebagai tenaga yang handal dalam bidang perawatan dan perbaikan mesin mesin industri.

Laboratorium Kontrol Fluida (Pneumatik – Hidroulik)

Pneumatik merupakan ilmu yang mempelajari teknik pemakaian udara bertekanan untuk berbagai keperluan. System pneumatic memiliki aplikasi yang luas karena udara pneumatic bersih dan mudah didapat. Banyak industry yang menggunakan system pneumatic dalam proses produksi seperti industry makanan, industry obat-obatan, industry pengepakan barang maupun industry yang lain. Belajar pneumatic sangat bermanfaat mengingat hampir semua industry sekarang memanfaatkan system pneumatik. Demikian pula dengan kontrol hidrolik yang banyak digunakan pada alat transportasi, alat berat, pesawat pengangkat, dan lainnya. Dampak dari meluasnya pemanfaatan kontrol pneumatik dan hidrolik tersebut tentu memerlukan tenaga terampil dalam penanganan peralatan ini. Laboratorium kontrol fluida mempersiapkan mahasiswa untuk mengenal dasar pemanfaatan sistem kontrol pnematik dan hidrolik, mengenal dan menganalisis berbagai peralatan kontrol pnematik dan hidrolik mulai tingkat dasar hingga kontrol yang berbasis elektronika dan komputer, sehingga mahasiswa diharapkan mampu merancang, mengoprasikan, serta merawat instalasi pneumatik dan hidrolik guna mempersiapkan diri untuk bisa mengisi lapangan kerja sebagai tenaga yang handal dalam bidang kontrol pnematik dan hidrolik.

Laboratorium Kerja Bangku Las & Pelat (BLP)

Laboratorium / Bengkel BLP memberikan mahasiswa praktek dengan topik-topik sebagai berikut : Kerja bangku, kerja pelat, kerja las. Topik kerja bangku ini mahasiswa di ajarkan membuat suatu komponen / benda kerja yang harus dikerjakan dengan alat-alat manual seperti; gergaji, kikir bor tangan dan lain sebagainya. Topik kerja pelat ini mahasiswa diajarkan membuat benda teknik yang terbuat dari pelat dengan pengerjaan di potong, dibending, dikeling disoldir dan lain sebagainya. Topik kerja las, mahasiswa diajarkan pengelasan dengan berbagai jenis las seperti las listrik, las gas, las titik dan las mix.

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer sarana untuk membuat desain gambar dan pengolahan serta simulasi data gambar teknik untuk menunjang kemudahan dalam suatu projek.

Laboratorium Metrologi dan Cetak Plastik

Laboratorium Metrologi dan Cetak plastik melatih mahasiswa untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemandirian dalam melakukan pekerjaan di bidang metrologi (pengukuran) dan cetak plastic, laboratorium ini terdiri dari dua kegiatan praktikum yang meliputi : 1. kegiatan praktikum metrologi (pengukuran) 2. kegiatan praktikum cetak plastik